.NET dan Visual Basic 2005.

.NET Framework
Apa itu .NET yang sering dibicarakan orang? Mungkin kita sering melihatnya online atau tampil dalam bagian pekerjaan yang terdapat dalam majalah. Untuk gambarannya , .NET akan tampak jelas bila kita login ke dalam hotmail® atau dalam iklan online dimana perusahaan membutuhkan developer dengan keahlian .NET.


Pengertian .NET sendiri tidaklah banyak. Kita bisa menanyai 10 orang dalam industri, maka kita akan mendapatkan 10 jawaban yang berbeda. Pengertiannya luas dan dengan maksud yang berbeda. Faktanya, .NET telah digunakan dengan dalam berbagai bisnis, hampir sama dengan maksud dan pengertian MP3. Bila kita mendengar atau membaca tentang .NET, kita pasti berpikir tentang Framework .NET.

Inilah definisi formal tentang Framework .NET:

Framework .NET adalah platform yang memungkinkan kita untuk membangun software aplikasi dan library yang disebut “managed application” (aplikasi yang diatur); memberikan kita compiler dan tool agar bisa di-build, debug, dan mengeksekusi managed application.


Untuk tujuan ini, bisa dikatakan bahwa .NET adalah platform yang memberikan kita semua yang kita perlukan untuk membangun dan menjalankan managed application yang berjalan di windows.
Dikatakan aplikasi yang diatur (managed application), karena eksekusinya diatur oleh Framework .NET. Faktanya, Framework .NET adalah yang mengatur eksekusi dengan menyediakan lingkungan pengontrol runtime (runtime controlled) yang memberikan variasi layanan yang luas seperti loading aplikasi, pengaturan memori, dan akhirnya memonitor dan menjaga keamanan dan integritas ketika aplikasi dijalankan. Sebelum .NET (dan Java), aplikasi tidak diatur karena tidak dijalankan menggunakan runtime controlled. Aplikasi haruslah mengatur servisnya sendiri, yang kadangkala menciptakan terjadinya error-error dalam kode, bug, dan pemborosan data. Karena masalah inilah, aplikasi sebaiknya dijaga dan di debug.

Framework .NET memberikan kita tool yang beragam seperti compiler, debugger, programming language, dan execution engine (CLR-Commong Language Runtime-merupakan bagian paling utama, karena merupakan mesin yang mengatur proses pengaturan dalam menjalankan source code), developer tool, dan masih banyak lagi librari-librari yang telah didefinisikan. Librari-librari itu dinamakan FCL (Framework Class Libraries).

Visual Basic 2005
Visual Basic 2005 adalah salah satu bahasa pemrograman yang ditargetkan dalam Framework .NET. Seperti bahasa sehari-hari, Visual Basic memiliki sintaks dan beberapa kata-kata yang valid yang bisa digunakan dalam membuat aplikasi. Visual Basic merupakan pilihan yang populer bagi yang mulai belajar pemrograman karena sintaks penulisan kodenya begitu mudah dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.

Apakah Visual Basic 2005 sudah OOP?
Visual Basic 2005 sudah full OOP!. Maksudnya?
Object-oriented programming (OOP-pemrograman-berorientasi objek) adalah gaya dalam pemrograman (atau pola pemrograman). Masih banyak pola pemrograman yang lain, seperti pemrograman fungsi dan prosedur. Bahasa seperti C, Fortran, Pascal, dan versi sebelum dari Visual Basic, semuanya adalah pola pemrograman. Tetapi pola ini terfokus pada proses sementara OOP terfokus pada data itu sendiri.

Aplikasi yang menggunakan pola OOP dibangun menggunakan bahasa OOP (OOPL). OOPL pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an, tapi lebih populer di akhir tahun 70-an. Saat ini sering digunakan karena mudah untuk dipelajari, digunakan, didebug, dan dijaga. OOPL menjelaskan tentang objek yang nyata. Visual Basic 2005 merupakan bahasa pemrograman yang telah mendukung OOP seperti C#, C++, Java, SmallTalk, dan Lisp.

Programmer menggunakan OOP untuk menulis program yang mewakili masalah dan objek nyata ke dalam bentuk modul. Modul tersebut menjelaskan tentang objek yang nyata yang biasa dinamakan Class atau Type. Kita bisa membayangkan suatu program OOP sebagai kumpulan objek yang saling berinteraksi satu sama lain. Menggunakan OOP, programmer mendefinisikan tipe baru untuk mewakili objek nyata seperti pesawat, orang, konsumen, atau mobil. Type atau Class tersebut membuat objek atau instance (contoh). Objek merupakan suatu unit yang mewakili suatu contoh dari dunia nyata. Objek dibuat dalam aplikasi yang terdiri dari informasi yang menggambarkan objek itu sendiri dan proses yang bisa mengatur dan merubah informasi tersebut.

Contoh:
Anjing saya , Dolly, merupakan turunan dari Class Anjing dan Class Anjing merupakan SubClass dari Class Binatang. Karena Dolly adalah Anjing, maka dolly memiliki tingkah laku dan data sepertihalnya seekor Anjing. Tapi karena Anjing juga merupakan binatang, Dolly juga memiliki turunan dari Class Binatang.

Katakanlah kita ingin membuat suatu aplikasi klinik binatang. Untuk mengatur kucing yang datang ke klinik kita, yang harus kita lakukan adalah membuat Class Kucing yang juga diturunkan dari Class Binatang. Dan dari tiap Class (Kucing maupun Anjing) bisa meng-override fungsi dari Class Binatang bila diperlukan.

Sampai disini kita telah mempelajari tentang apa itu Framework .NET dan CLR-nya. Bisa dikatakan .NET merupakan rumah dengan CLR sebagai pondasi utamanya.
Kita juga telah mengetahui bahwa Visual Basic 2005 telah full OOP.





Related Posts by Categories



Widget by Hoctro

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers



Source Code