Tentang Microsoft Expression Blend

Apa itu Blend?
Apakah lebih bagus dari Flash?
Bisakah kita membuat web site dengan blend?

Tiga pertanyaan ini mungkin pertanyaan yang paling umum yang seringkali ditanya oleh mereka yang baru mengenal Microsoft Expression Blend. Saya akan mencoba memberi beberapa jawaban dan juga, akan mencoba mengajak Anda menggunakannya; Anda tidak pernah tahu, ini mungkin saja merupakan tool yang Anda tunggu!.

Apa itu Blend?
Microsoft, “Blend adalah suatu alat desain”. Bagi saya, istilah “desainer” terlalu umum. Dilihat dari tingkatan dan tipe desainer yang berbeda, maka pengertian Blend akan memiliki tujuan yang berbeda dan Blend sendiri tidak mungkin bisa sesuai digunakan oleh setiap orang, kecuali jika Anda menginginkan atau membutuhkannya.

Blend menyediakan alat untuk menciptakan dan memanipulasi vektor dan raster format untuk para perancang grafis, tetapi lebih penting lagi Blend menyediakan proses untuk perancangan animasi, penggunaan UI (User Interface) 2D atau 3D untuk perancangan interaktif. Jika kata-kata dari pengertian di atas masih dirasa terlalu rumit, coba saya terangkan lagi bahwa dengan Blend, ketika Anda menyerap konsep dasar dari fungsional framework .NET serta hubungan antara object dan XAML (XML based declarative mark-up), Anda akan dapat menciptakan User Interface yang menarik dan mulai untuk menerima suatu peran baru dari kegunaan arsitektur XAML.

Desain yang interaktif dapat menciptakan fungsional prototip yang kemudian menjadi bagian dari alur produksi, mengurangi waktu pengembangan dan memastikan bahwa hasil akhir terlihat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagai arsitek XAML, Anda dapat mengambil alih kepemilikan suatu project untuk memastikan User Interface yang berkualitas yang akan dikirimkan memiliki hasil akhir yang menakjubkan. Anda bisa mengatur bagaimana, apa, kapan dan mengapa object bisa saling berhubungan dan mengikat, dengan mengabaikan kebutuhan yang logis; Anda mungkin saja bisa meninggalkannya kepada tim pengembang agar object-object yang mereka buat nantinya akan sesuai dan bisa digunakan dalam desain Anda.
Apakah Blend lebih baik dari Flash?
Kekeliruan yang sering dilakukan oleh tiap orang ketika berhadapan dengan Blend, adalah mencoba membandingkannya dengan Flash. Terlepas dari adanya timeline untuk animasi, keduanya memiliki perbedaan seperti mobil Ford dan Ferrari. Mungkin merupakan suatu pemikiran yang kurang wajar, saya menyukai Flash yang pastinya bukanlah mobil Ford, tetapi pernyataan tersebut dibuat untuk mencerminkan potensi Blend untuk menjadi suatu Ferrari. Aplikasi Blend ini akan menjadi tool pilihan untuk mendesain aplikasi UI dan UE di atas Windows.

“WPF/E”, dukungan akan segera datang, dan dengan itu akan ada potensi untuk merubah pandangan dalam proses penyampaian aplikasi web. Dengan mengetahui 'apa itu blend?' lebih awal, akan memastikan Anda mempunyai pengetahuan dasar agar dapat bekerja dengan teknologi baru ini sehingga dapat diterapkan secara lebih efisien.

Bisakah kita membuat web site dengan Blend?
Tidak seperti Flash dan tool-tool sejenisnya, Blend lebih tentang kemampuan yang memungkinkan kita mengatur dan memodifikasi elemen yang berdasarkan XAML. Penggunaan Visual Studio dalam menciptakan suatu project dan kemudian menggunakan Blend sebagai pengatur untuk komponen UI-nya, merupakan cara yang lebih baik dalam memahami tool ini.
Benar adanya, bahwa .NET Framework 3.0 menyediakan teknologi web yang berbeda yang dinamakan XBAP, lebih baik dari “WPF/E”, tetapi Blend juga datang dengan  keterbatasan dalam hal keamanan. Akan tetapi, dengan menggunakan Blend selain kita bisa bekerja secara full 3D kita juga akan mendapatkan keuntungan akan fungsi-fungsi barunya. Dalam pandangan saya, XBAP hampir hanya merupakan suatu mekanisme penyampaian web yang valid bila kita memiliki kontrol terhadap keamanan user sehingga dapat menentukan mana yang aman untuk dijalankan dan mana yang tidak aman.

Penutup...
Secara keseluruhan, Blend adalah suatu aplikasi yang sangat berharga, Blend berharga sebagai teknologi yang baru. Berikan tim Microsoft feedback Anda dan mereka akan bekerja demi permintaan Anda untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik. Sekarang adalah saatnya untuk mempelajari Blend, jangan menunggu sampai rilis-rilis berikutnya ketika tutorial berikut yang akan ditampilkan malahan akan lebih bagus dari tutorial sekarang.

Using Microsoft Expression Blend, why not?



Related Posts by Categories



Widget by Hoctro

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers



Source Code