OOP dalam VB .NET (1)

VB.NET secara penuh sudah berorientasi objek. Artikel ini hanya akan menjelaskan fitur-fitur dasar dari pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau OOP) dari Visual Basic. NET. Artikel ini dibagi dalam 10 bagian.



ISI
Perkenalan
Menggunakan Code
1: Namespace, Class & Module
2: Tipe Akses
3: Shared Function
4: Overloading
5: Inheritance
6: Everriding
7: Polymorphism
8: Constructor & Destructor
9: Rutin Properti
10: Aplikasi Sederhana

Perkenalan
Tujuan penulisan tutorial ini:
  • Untuk menyediakan informasi tentang pemrograman berorientasi objek dalam VB.NET.
  • Untuk menjelaskan bagaimana menggunakan teknik OOP dalam VB.NET.
  • Untuk menjelaskan konsep-konsep dengan mudah dan sederhana dari:Membuat dan menggunakan class dan object dalam VB.NET.Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism.Overloading dan Overriding.Constructor dan Destructor.Static function.

Jelajahi tutorial ini dan kalian akan mulai merasakan kegunaan kode .NET. Programmer Java/CPP juga bisa menggunakannya untuk memahami pengertian OOP dalam VB.NET.

Menggunakan Kode (Source Code)

Source code akan tersedia dalam file source code yang berakhiran .vb. Kalian memerlukan Microsoft .NET framework SDK terinstall untuk meng-compile dan menjalankan latihan yang terdapat dalam tutorial ini. Kalian bisa mendapatkannya dari website Microsoft. Compiler VB.NET (vbc.exe) akan terdapat dalam folder FrameworkSDK\bin.Untuk meng-compile source code secara manual, kalian bisa menggunakan Command Prompt dengan mengetikkan:

vbc namafile.vb /out:"namafile.exe" /r:"System.Windows.Forms.dll","System.dll"

1: Namespace, Class & Object, Module

Suatu Namespace

Dalam VB.NET, class dan struktur data lainnya untuk tujuan yang spesifik dikumpulkan bersama-sama menjadi Namespace. Kalian bisa menggunakan class (kelas) dalam sebuah namespace, hanya dengan mengimport namespace-nya. Kata kunci Imports digunakan untuk mengimport suatu namespace ke dalam project kalian. Framework .NET menyediakan begitu banyak class yang sudah tersedia, dikumpulkan bersama dengan namespaces yang bervariasi. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan namespace System. Import namespace System (telah tersedia dalam .NET).

Imports System

Suatu Class (Kelas)

Mungkin, kalian sudah terbiasa dengan kelas (class) dan objek (object). Katakanlah, suatu Class adalah suatu definisi dari sebuah object yang sebenarnya. Sebagai contoh, Manusia adalah suatu class yang mewakili manusia semuanya secara umum. Anjing adalah suatu class yang mewakili semua anjing. Class juga bisa memiliki function (fungsi). Binatang adalah suatu namespace.

Namespace Binatang

Anjing merupakan suatu Class dalam namespace Binatang:

Class Anjing

Menggonggong adalah salah satu fungsi dalam Class ini:

Function Menggonggong ()Console.Writeline ("Anjing Menggonggong ")End FunctionEnd ClassEnd Namespace

Suatu Object (Obyek)

Sebuah object merupakan instance dari suatu Class. Sebagai contoh, Dolly merupakan object dari tipe anjing. Kita akan membuat object pada bagian lain. Lanjutkan membaca.

Module (Modul)

Kalian bisa menggunakan module untuk menulis beberapa fungsi (function). Suatu Module adalah gabungan dari beberapa function. Tidak seperti function dalam suatu class, Public Function dalam module bisa secara langsung dipanggil dari mana aja. VB menyediakan Function dan Subroutine. Function dan Subroutine pada dasarnya sama, tapi perbedaannya adalah suatu subroutine tidak bisa mengembalikan nilai (return value).

Public Module modMain

Proses akan dimulai dari subroutine Main():

Sub Main()'Memanggil fungsi kita. perhatikanFungsiKita()End sub

FungsiKita: Function kecil kita untuk menggunakan class Dog:

Function FungsiKita ()

'Disini dimana kita mendeklarasikan variabel Dolly sebagai tipe Anjing.'Kita menggunakan Binatang.Anjing karena, class Anjing terdapat dalam namespace Binatang (perhatikan di atas tadi).

Dim Dolly as Binatang.Anjing

'Membuat suatu Object. Tidak seperti dalam VB6, kita tidak perlu menggunakan kata kunci ‘set’.

Dolly = new Binatang.Anjing()

'Cara lain untuk membuat object'Dim Dolly as new Anjing'Panggil function utama Dolly Dolly.Menggonggong()

End Function

End module

2: Access Type (Tipe Akses)

Tipe akses yang paling utama adalah Public, Private, Friend dan Protected. Suatu Class bisa memiliki function, variabel dan lainnya yang bisa bertipe Public atau Private atau Protected atau Friend. Jika Public, maka bisa diakses dengan membuat object dari Class tersebut. Private dan Protected hanya bisa diakses menggunakan function yang terdapat dalam Class tersebut. Protected hampir serupa dengan Private, tapi bisa memiliki kegunaan yang spesial bila di inherit dari suatu Class. Kita akan membahasnya nanti, untuk Inheritance (5). Friend hanya bisa diakses oleh elemen2 dari project yang sama. Ayo kita coba menggunakan Class Anjing kita.

Import namespace System (telah tersedia dalam .NET).

Imports System

Binatang merupakan suatu namespace.

Namespace Binatang

Anjing adalah suatu class yang terdapat dalam namespace Binatang.

Public Class Anjing

'Suatu variabel public

Public UmurAnjing as Integer

Menggonggong adalah suatu function dalam class ini. Yang bertipe Public:

Public Function Menggonggong()

Console.Writeline ("Anjing Menggonggong")

End Function

Berjalan adalah suatu function dalam class ini. Bertipe Private.

Private Function Berjalan()

Console.Writeline ("Anjing Berjalan")

End Function

End Class

End Namespace

Module Kita:

Public Module modMain

Proses akan dimulai dari subroutine Main():

Sub Main()

'Memanggil function kita, lihat di bawah

FungsiKita ()

End sub‘FungsiKita: Dipanggil dari Main()

Function FungsiKita()

Dim Dolly as Binatang.Anjing

Dolly=new Binatang.Anjing()

'Akan berfungsi, karena menggonggong dan UmurAnjing bertipe public

Dolly.MenggonggongDolly.UmurAnjing=10

'Memanggil function Berjalan tidak akan bisa, karena'Berjalan() terdapat di luar class Anjing'jadi ini salah. Cobalah meng-compile dengan memberikan function Berjalan, akan terjadi error.

'Dolly.Berjalan

End Function

End Module

Tambahan:

Encapsulation (Enkapsulasi)

Menyimpan semua data dan function2 yang berhubungan ke dalam sebuah Class disebut Encapsulation.

Penyembunyian Data atau Abstraction (Abstraksi):

Normalnya, dalam suatu Class, variabel2 digunakan untuk menyimpan data (seperti umur dari seekor Anjing) yang di deklarasikan secara Private. Function atau routine properti digunakan untuk mengakses variabel2 ini. Melindungi data suatu object dari function2 luar dinamakan Abstraction atau Penyembunyian Data. Ini membatasi modifikasi data dari function yang terdapat di luar class.Thanks, sekian dulu untuk saat ini. Akan kita lanjutkan lagi pada sesi berikutnya....(bersambung...)



Related Posts by Categories



Widget by Hoctro

3 comments :

Unknown @ April 1, 2007 at 6:59 AM

haaaa...ting nami harapang...ngerapang2........

Unknown @ April 1, 2007 at 6:59 AM

haaaa...ting nami harapang...ngerapang2........

djiesoft team @ July 18, 2012 at 7:20 PM

mantap source code nya!!!!!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers



Source Code

Tips