VB.NET secara penuh sudah berorientasi objek. Artikel ini hanya akan menjelaskan fitur-fitur dasar dari pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau OOP) dari Visual Basic. NET. Artikel ini dibagi dalam 10 bagian.
ISI
- Untuk menyediakan informasi tentang pemrograman berorientasi objek dalam VB.NET.
- Untuk menjelaskan bagaimana menggunakan teknik OOP dalam VB.NET.
- Untuk menjelaskan konsep-konsep dengan mudah dan sederhana dari:Membuat dan menggunakan class dan object dalam VB.NET.Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism.Overloading dan Overriding.Constructor dan Destructor.Static function.
Jelajahi tutorial ini dan kalian akan mulai merasakan kegunaan kode .NET. Programmer Java/CPP juga bisa menggunakannya untuk memahami pengertian OOP dalam VB.NET.
Menggunakan Kode (Source Code)
Source code akan tersedia dalam file source code yang berakhiran .vb. Kalian memerlukan Microsoft .NET framework SDK terinstall untuk meng-compile dan menjalankan latihan yang terdapat dalam tutorial ini. Kalian bisa mendapatkannya dari website Microsoft. Compiler VB.NET (vbc.exe) akan terdapat dalam folder FrameworkSDK\bin.Untuk meng-compile source code secara manual, kalian bisa menggunakan Command Prompt dengan mengetikkan:
vbc namafile.vb /out:"namafile.exe" /r:"System.Windows.Forms.dll","System.dll"
1: Namespace, Class & Object, Module
Suatu NamespaceDalam VB.NET, class dan struktur data lainnya untuk tujuan yang spesifik dikumpulkan bersama-sama menjadi Namespace. Kalian bisa menggunakan class (kelas) dalam sebuah namespace, hanya dengan mengimport namespace-nya. Kata kunci Imports digunakan untuk mengimport suatu namespace ke dalam project kalian. Framework .NET menyediakan begitu banyak class yang sudah tersedia, dikumpulkan bersama dengan namespaces yang bervariasi. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan namespace System. Import namespace System (telah tersedia dalam .NET).
Imports System
Suatu Class (Kelas)
Mungkin, kalian sudah terbiasa dengan kelas (class) dan objek (object). Katakanlah, suatu Class adalah suatu definisi dari sebuah object yang sebenarnya. Sebagai contoh, Manusia adalah suatu class yang mewakili manusia semuanya secara umum. Anjing adalah suatu class yang mewakili semua anjing. Class juga bisa memiliki function (fungsi). Binatang adalah suatu namespace.
Namespace Binatang
Anjing merupakan suatu Class dalam namespace Binatang:
Class Anjing
Menggonggong adalah salah satu fungsi dalam Class ini:
Function Menggonggong ()Console.Writeline ("Anjing Menggonggong ")End FunctionEnd ClassEnd Namespace
Suatu Object (Obyek)Sebuah object merupakan instance dari suatu Class. Sebagai contoh, Dolly merupakan object dari tipe anjing. Kita akan membuat object pada bagian lain. Lanjutkan membaca.
Module (Modul)
Kalian bisa menggunakan module untuk menulis beberapa fungsi (function). Suatu Module adalah gabungan dari beberapa function. Tidak seperti function dalam suatu class, Public Function dalam module bisa secara langsung dipanggil dari mana aja. VB menyediakan Function dan Subroutine. Function dan Subroutine pada dasarnya sama, tapi perbedaannya adalah suatu subroutine tidak bisa mengembalikan nilai (return value).
Public Module modMain
Proses akan dimulai dari subroutine Main():
Sub Main()'Memanggil fungsi kita. perhatikanFungsiKita()End sub
FungsiKita: Function kecil kita untuk menggunakan class Dog:Function FungsiKita ()
'Disini dimana kita mendeklarasikan variabel Dolly sebagai tipe Anjing.'Kita menggunakan Binatang.Anjing karena, class Anjing terdapat dalam namespace Binatang (perhatikan di atas tadi).
Dim Dolly as Binatang.Anjing
'Membuat suatu Object. Tidak seperti dalam VB6, kita tidak perlu menggunakan kata kunci ‘set’.
Dolly = new Binatang.Anjing()
'Cara lain untuk membuat object'Dim Dolly as new Anjing'Panggil function utama Dolly Dolly.Menggonggong()
End Function
End module
Tipe akses yang paling utama adalah Public, Private, Friend dan Protected. Suatu Class bisa memiliki function, variabel dan lainnya yang bisa bertipe Public atau Private atau Protected atau Friend. Jika Public, maka bisa diakses dengan membuat object dari Class tersebut. Private dan Protected hanya bisa diakses menggunakan function yang terdapat dalam Class tersebut. Protected hampir serupa dengan Private, tapi bisa memiliki kegunaan yang spesial bila di inherit dari suatu Class. Kita akan membahasnya nanti, untuk Inheritance (5). Friend hanya bisa diakses oleh elemen2 dari project yang sama. Ayo kita coba menggunakan Class Anjing kita.
Import namespace System (telah tersedia dalam .NET).
Imports System
Binatang merupakan suatu namespace.
Namespace Binatang
Anjing adalah suatu class yang terdapat dalam namespace Binatang.
Public Class Anjing
'Suatu variabel public
Public UmurAnjing as Integer
Menggonggong adalah suatu function dalam class ini. Yang bertipe Public:Public Function Menggonggong()
Console.Writeline ("Anjing Menggonggong")
End Function
Berjalan adalah suatu function dalam class ini. Bertipe Private.
Private Function Berjalan()
Console.Writeline ("Anjing Berjalan")
End Function
End Class
End Namespace
Module Kita:
Public Module modMain
Proses akan dimulai dari subroutine Main():
Sub Main()
'Memanggil function kita, lihat di bawah
FungsiKita ()
End sub‘FungsiKita: Dipanggil dari Main()
Function FungsiKita()
Dim Dolly as Binatang.Anjing
Dolly=new Binatang.Anjing()
'Akan berfungsi, karena menggonggong dan UmurAnjing bertipe public
Dolly.MenggonggongDolly.UmurAnjing=10
'Memanggil function Berjalan tidak akan bisa, karena'Berjalan() terdapat di luar class Anjing'jadi ini salah. Cobalah meng-compile dengan memberikan function Berjalan, akan terjadi error.
'Dolly.Berjalan
End Function
End Module
Tambahan:
Encapsulation (Enkapsulasi)
Menyimpan semua data dan function2 yang berhubungan ke dalam sebuah Class disebut Encapsulation.
Penyembunyian Data atau Abstraction (Abstraksi):
Normalnya, dalam suatu Class, variabel2 digunakan untuk menyimpan data (seperti umur dari seekor Anjing) yang di deklarasikan secara Private. Function atau routine properti digunakan untuk mengakses variabel2 ini. Melindungi data suatu object dari function2 luar dinamakan Abstraction atau Penyembunyian Data. Ini membatasi modifikasi data dari function yang terdapat di luar class.Thanks, sekian dulu untuk saat ini. Akan kita lanjutkan lagi pada sesi berikutnya....(bersambung...)
3 comments :
haaaa...ting nami harapang...ngerapang2........
haaaa...ting nami harapang...ngerapang2........
mantap source code nya!!!!!!
Post a Comment