Simple Backup/Restore Utility

Artikel ini intinya akan memperkenalkan konsep dari SQL-DMO bersama dengan contoh aplikasi Backup dan Restore yang dikembangkan dengan menggunakan platform.NET . Fokus utama teletak pada dasar pengenalan SQL-DMO, object utamanya dan bagaimana menggunakannya dalam platform .NET untuk mendesain dan mengembangkan MS SQL Server berdasar pada aplikasi administrator database.

Berkenalan dengan SQL-DMO
SQL-DMO menggunakan Driver Microsoft® SQL Server™ ODBC agar bisa terhubung dan berkomunikasi dengan instance dari SQL Server. Client SQL-DMO memerlukan driver ODBC SQL Server, versi 3.80 atau di atasnya, yang telah ada bersama SQL Server 2000. Semua komponen SQL-DMO yang diperlukan di install sebagai bagian dari instance dari Client dan Server Microsoft® SQL Server™. SQL-DMO di implementasikan dalam suatu dynamic-link library (DLL). Kita bisa mengembangkan aplikasi SQL-DMO baik di Client maupun di Server.

SQL Distributed Management Objects (SQL-DMO) adalah kumpulan dari object-object database Microsoft® SQL Server™. SQL-DMO merupakan interface COM yang ganda, dalam proses server diimplementasikan sebagai dynamic-link library (DLL).

Beberapa object SQL-DMO yang sering digunakan:
• Object SQL Server mempunyai object dan kumpulan-kumpulan komponen yang mengimplementasikan tugas administratif SQL Server untuk SQL-DMO.
Object tersebut memungkinkan aplikasi SQL-DMO agar bisa terhubung dengan instance dari SQL Server.
• Object Database adalah komponen utama dari cabang object SQL-DMO.
Object ini memiliki kumpulan dari tabel, stored procedure (Prosedur tersimpan), tipe data, dan user database. Method dari object ini memungkinkan kita menjalankan fungsi perawatan database standar, seperti membuat database SQL Server yang baru, Back up database, dan lain sebagainya.
• Object Replication menerangkan tentang system replikasi dari suatu instance SQL Server, dan merupakan root dari semua object replikasi. Object replication bisa melakukan semua proses replikasi yang telah didefinisikan dalam SQL Server.
• Object JobServer menjelaskan tentang atribut yang diasosiasikan dengan SQL Server Agent. SQL Server Agent bertanggung jawab untuk menjalankan job yang telah terjadwal dan memberikan keterangan terhadap operator SQL Server mengenai kondisi dan status dari proses SQL Server.
• Object Backup menentukan operasi backup pada suatu database SQL Server. Dengan object ini kita bisa melakukan proses backup.
• Object Restore menentukan operasi restore terhadap suatu database SQL Server. Dengna object ini kita bisa merestore semua atau sebagian database SQL Server dari backup yang sudah ada.
• Object Table menjelaskan tentang atribut dari suatu tabel database SQL Server. Dengan object ini kita bisa membuat tabel dalam suatu database SQL Server, merubah tabel database SQL Server dengan menambah atau mengurangi kolom dalam tabel, meng-ekspor data atau meng-impor data, menghapus tabel dan sebagainya.
• Object Column menjelaskan tentang properti dari suatu kolom dalam tabel SQL Server. Dengan object ini, kita bisa menentukan kolom-kolom untuk tabel dalam suatu database SQL Server.

Sebagaimana telah diterangkan di atas, SQL-DMO merupakan suatu interface COM(unmanaged). SQL-DMO bisa digunakan bersama dengan OLE automation controller sebagai kerangka pengembangan. Sekarang kita akan melihat bagaimana bekerja menggunakan VB.NET dan SQL-DMO dalam Visual Studio.NET 2005. Bekerja dengan VC#.NET juga hampir sama, yang membedakannya hanyalah pada sintaks dan statemen program.

Menggunakan Visual Studio.NET, ikuti langkah berikut:
• Pilih menu File > New > Project
• Dari dialog New Project, pilih Visual Basic Project sebagai tipe project dan pilih Windows Application sebagai template project.

• Masukkan ‘ContohSQLDMO’ sebagai nama dari project baru kita. Klik OK.
• Klik tahan dan pindahkan (drag) button dari toolbox. Dalam properti tombol tersebut, namakan dengan btnBackup dan ganti properti teksnya dengan Backup. Tambahkan dua button lainnya dan beri nama masing-masing btnRestore dan btnTutup dengan properti teks masing-masing Restore dan Tutup. Hasilnya akan seperti gambar berikut :



• Pilih menu Project dan klik pada Add Reference. Pada kotak dialog Add Refenrence pilih tab COM dan cari Microsoft SQLDMO Object Library.

Aplikasi ini merupakan aplikasi utiliti yang sangat sederhana yang akan menjalankan proses backup dan restore database dengan hanya menggunakan 3 button. Intinya aplikasi ini tidak terfokus pada UI, tetapi lebih pada proses penggunaan SQL-DMO. Saya harap Anda setuju.

Dibawah ini merupakan deklarasi utama dari object SQL-DMO yang digunakan:


Dim oSQLServer As New SQLDMO.SQLServer
Dim oBackup As New SQLDMO.Backup
Dim oRestore As New SQLDMO.Restore


oSQLServer digunakan untuk koneksi ke dalam SQL Server, oBackup untuk

operasi backup dan oRestore untuk operasi restore.
Berikut adalah konstanta yang digunakan sebagai parameter utama :

Const _INSTANCE As String = "."
Const _USER As String = "sa"
Const _PWD As String = ""
Const _BACKUPFILE As String = "c:\NorthwindBackup.bkp"
Const _DATABASE As String = "Northwind"


_INSTACE merupakan nama instance (dalam konteks ini: localhost). _USER merupakan UserID yang akan digunakan agar bisa masuk ke dalam instance SQL Server dengan menggunakan password yang ditentukan oleh _PWD. Proses Backup disimpan dalam file backup yang ditentukan oleh _BACKUPFILE. Proses backup dan restore bekerja untuk database yang telah ditentukan oleh _DATABASE.

Berikut adalah kode yang digunakan untuk proses backup menggunakan SQL-DMO:

Private Sub MulaiBackup()
With oBackup
.Files = _BACKUPFILE
.Database = _DATABASE
.BackupSetName = "NorthwindBkp"
.BackupSetDescription = "Backup dari aplikasi VB.NET"
oSQLServer.Connect(_INSTANCE, _USER, _PWD)
.SQLBackup(oSQLServer)
End With
MessageBox.Show("Backup Sukses", "Pesan", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information)
End Sub


Kita juga bisa melakukan proses restore menggunakan kode seperti :
PERHATIKAN : Pastikan SQL Server Enterprise Manager tidak sedang terbuka

ketika proses restore dijalankan.

Private Sub MulaiRestore()
With oRestore
.Files = _BACKUPFILE
.Database = _DATABASE
.ReplaceDatabase = True
.oSQLServer.Connect(_INSTANCE, _USER, _PWD)
.SQLRestore(oSQLServer)
End With
MessageBox.Show("Restore Sukses", "Pesan", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information)
End Sub


download : SQL Backup Restore Utility



Related Posts by Categories



Widget by Hoctro

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers



Source Code